Kurikulum Thn. 2019 Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan
Di Program studi Ilmu dan Teknologi Pangan, tiap empat tahun sekali kami melakukan revisi kurikulum untuk tetap memutakhirkan pengajaran di Prodi kami sesuai dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan pengguna lulusan
Penyelenggaraan pendidikan di PS ITP tidak bisa dilepas dari pengembangan kurikulum. Dalam rangka mewujudkan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan serta program peningkatan sumberdaya manusia secara nasional, pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Penjenjangan kualifikasi dalam KKNI dibagi ke dalam sembilan (9) jenjang, dimana lulusan program pendidikan sarjana harus memiliki kesetaraan dengan jenjang enam (6).
Untuk menerapkan Peraturan Presiden tersebut khususnya pada jenjang pendidikan tinggi, pemerintah selanjutnya mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi. Berdasarkan Permendikbud tersebut, maka setiap program studi wajib untuk menyusun deskripsi capaian pembelajaran minimal yang mengacu pada KKNI bidang pendidikan tinggi sesuai dengan jenjang; serta menyusun kurikulum, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum yang mengacu pada KKNI bidang pendidikan tinggi sesuai dengan kebijakan, regulasi, dan panduan penyusunan kurikulum.
Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan sebagai satuan penyelenggara pendidikan memiliki kewajiban untuk selalu mengevaluasi pelaksanaan kurikulum yang diberlakukan. Penyelenggaraan kurikulum di PS ITP dilaksanakan berdasarkan pada kurikulum inti dan kurikulum institusional yang dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, ketersediaan lapangan kerja dan tantangan di masa akan datang dengan tetap mengacu kepada standar nasional pendidikan. Kurikulum inti di PS ITP merupakan kelompok bahan pelajaran yang dirumuskan bersama di PS ITP bersama-sama dengan asosiasi profesi seperti PATPI (Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia) dan forum komunikasi program studi yang relevan. Sementara kurikulum institusional merupakan kelompok bahan pelajaran yang terdiri atas tambahan kelompok ilmu dalam kurikulum inti yang disusun dengan mengacu pada kebutuhan lingkungan, kopetensi program studi dan ciri khas Universitas dan ditetapkan dengan surat keputusan Rektor.
PS ITP telah melakukan rangkaian lokakarya kurikulum untuk mendapatkan masukan dari para pengguna lulusan PS ITP, alumni, dan Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) UNHAS. Rangkaian kegiatan penyusunan kurikulum ini dimulai dari tingkat Program Studi hingga tingkat Fakultas untuk menyelaraskan mata kuliah lintas program studi dalam lingkup Fakultas Pertanian. Selain mengikuti pedoman pada peraturan perundangan dalam penyusunan kurikulum program studi, penyusunan Kurikulum Program Studi Ilmu & Teknologi Pangan.
kurikulum PS ITP juga tidak lepas dari masukan dan saran dari assesor ASIIN yang telah melakukan visitasi pada bulan Februari 2019, dan kurikulum yang disusun oleh Organisasi Profesi yaitu Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI).
Profil dan Kompetensi Lulusan
Profil lulusan merupakan bidang dan kompetensi lulusan yang diharapkan dari kurikulum yang dirancang
Profil lulusan Prodi ITP merupakan bidang pekerjaan yang diharapkan sesuai dengan kurikulum yang dirancang yaitu:
- Karyawan Industri Pangan. Mampu memahami prinsip-prinsip ilmu pangan dan menerapkan teknologi yang terkait dengan pengolahan pangan.
- Peneliti. Memiliki kemampuan melakukan percobaan di bidang ilmu dan teknologi pangan.
- Akademisi/Guru. Memiliki kemampuan untuk memberikan pengetahuan dalam ilmu dan teknologi pangan dengan karakter dan sikap yang baik.
- Enterpreneur. Memiliki kemampuan untuk mengelola bisnis dan industry pengolahan makanan dari usaha kecil, menengah hingga skala industri.
- Konsultan Bidang Ilmu Pangan. Dalam bidang pengembangan produk makanan; keamanan dan kualitas makanan; sistem produk makanan. memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dalam industri makanan dengan menerapkan pemahaman yang komprehensif tentang konsep teoritis dan prinsip ilmu dan teknologi pangan
Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), kompetensi lulusan sarjana harus memenuhi tiga 3 (tiga) aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kemampuan di bidang kerja; (2) aspek lingkup kerja berdasarkan pengetahuan yang dikuasai; dan (3) aspek kemampuan manajerial.
- Aspek kemampuan dibidang kerja. Mampu mengaplikasikan bidang ilmu dan teknologi pangan yang mencakup aspek bidang kimia pangan, mikrobiologi, rekayasa proses pangan, atau bioteknologi pangan dalam menyelesaikan masalah dalam bidang ilmu dan teknologi pangan.
- Aspek pengetahuan yang dikuasai. Mampu menguasai konsep teoritis bidang ilmu dan teknologi pangan secara umum dan khusus secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Aspek Kemampuan manajerial. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif untuk menyelesaikan masalah di bidang ilmu dan teknologi pangan
penyelarasan lingkup kompetensi KKNI, deskripsi kompetensi KKNI level 6 dengan kompetensi lulusan S1 PS ITP UNHAS
- Kemampuan kerja khusus. Mampu merancang proses penambahan nilai terhadap bahan pangan berdasarkan prinsip ilmu dan teknologi pangan dengan memadukan berbagai unit operasi untuk menghasilkan produk pangan yang aman, bergizi, dan bermutu.
- Pengetahuan khusus yang dikuasai. Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip ilmu dan teknologi pangan (kimia dan analisis pangan/hasil pertanian, mikrobiologi dan keamanan pangan, rekayasa proses pengolahan pangan, biokimia pangan dan gizi) untuk diformulasikan dalam teknik perancangan proses secara terpadu.
- Kemampuan manajerial. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan tentang aspek teknis dan non-teknis, berfikir secara kritis dan bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri, bekerja dalam tim, berinteraksi dengan orang yang berbeda latar belakang, terampil dalam berorganisasi dan memimpin dalam berbagai situasi, memanfaatkan sumber-sumber informasi, serta memiliki komitmen terhadap profesionalisme dan nilai-nilai etika.
Bahan Kajian Ilmu
Bahan kajian pada kurikulum PS ITP Unhas mengacu pada standar pendidikan sarjana teknologi pangan yang telah disusun oleh Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) dalam SK No. 03/SK-PATPI/XII/2013 tentang Standar Pendidikan Sarjana Teknologi Pangan.
- Menjelaskan kejadian kimia utama yang mendasari sifat dan reaksi berbagai komponen pangan.
- Menjelaskan cara pengendalian reaksi-reaksi kimia yang terjadi di dalam bahan pangan.
- Menjelaskan kaitan reaksi kimia dengan mekanisme kerusakan dan umur simpan bahan pangan.
- Menjelaskan prinsip teknik dan metode analisis pangan.
- Memiliki keterampilan dalam melakukan berbagai teknik analisis kimia dasar dan terapan pada bahan pangan.
- Memilih teknik analisis pangan yang sesuai dengan karakteristik bahan dan kebutuhan.
- Mengidentifikasi mikroba patogen dan penyebab kerusakan pangan serta kondisi pertumbuhannya.
- Menjelaskan faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan mikroba.
- Mengidentifikasi kondisi untuk menginaktivasi dan membunuh mikroba pembusuk dan patogen.
- Menjelaskan prinsip-prinsip pengawetan dan pengolahan pangan dengan proses fermentasi.
- Menjelaskan dan memiliki keterampilan dalam melakukan teknik analisis mikrobiologi dalam bahan pangan.
- Menjelaskan karakteristik bahan baku, ingredien dan bahan tambahan pangan dan pengaruhnya terhadap karakteristik produk pangan yang dihasilkan.
- Menjelaskan mekanisme kerusakan bahan Pangan dan mengidentifikasi cara pengendaliannya.
- Menjelaskan kesetimbangan massa dan energi dalam proses pengolahan pangan.
- Menjelaskan prinsip proses transfer panas dan massa dalam proses pengolahan pangan.
- Menjelaskan prinsip unit operasi dan unit proses di industri pangan.
- Mengidentifikasi unit operasi dan peralatan proses yang sesuai dalam proses pengolahan pangan.
- Menjelaskan prinsip dan teknik penanganan dan pengolahan pangan, serta pengaruh parameter proses terhadap mutu, keamanan dan umur simpan produk pangan.
- Menjelaskan karakteristik dan penggunaan bahan pengemas.
- Menjelaskan persyaratan air untuk pengolahan Pangan dan cara pengelolaan limbah dari pengolahan pangan.
- Menjelaskan proses biokimia, konsep dasar ilmu gizi serta hubungan antara konsumsi pangan dengan status gizi dan kesehatan.
- Menjelaskan proses pencernaan dan metabolisme zat gizi.
- Menjelaskan perbedaan zat gizi dan pangan fungsional dalam hubungannya dengan kesehatan dan kebugaran
- Menjelaskan perubahan zat gizi selama pengolahan dan penyimpanan.
- Menjelaskan teknik laboratorium yang umum diaplikasikan dalam biokimia dan evaluasi nilai biologis pangan.
- Menerapkan dan menginkorporasikan prinsip- prinsip ilmu pangan dalam praktek dan kondisi nyata di industri pangan.
- Menguasai prinsip dasar evaluasi sensori/penilaian inderawi bahan pangan.
- Memilih teknik pengemasan dan penyimpanan pangan dalam memperpanjang umur simpan produk pangan.
- Menerapkan prinsip statistika dan komputer di bidang pangan.
- Mengembangkan produk pangan berdasarkan prinsip-prinsip ilmu pangan.
- Menerapkan sistem penjaminan mutu dalam rantai proses pengolahan pangan.
- Menerapkan prinsip pembersihan dan sanitasi dalam pengolahan pangan.
- Menerapkan peraturan dan manajemen keamanan pangan.
- Memahami isu mutakhir dalam bidang pangan.
- Mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non-teknis.
- Berfikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif, serta meng- ambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data.
- Memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika.
- Memiliki sikap untuk belajar seumur hidup (life-long learning).
- Memimpin dan bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.
- Bekerja sama dengan individu yang memiliki latar belakang sosial dan budaya yang beragam.
- Mencari, merunut, menyarikan informasi ilmiah dan non-imiah secara mandiri dan kritis.
- Beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dan menangani berbagai kegiatan secara simultan pada berbagai kondisi.
Sebaran Mata Kuliah
Untuk menjadi seorang Sarjana Ilmu dan Teknologi Pangan, tiap mahasiswa diwajibkan melulusi minimal 144 SKS mata kuliah. Kami menyusun kurikulum yang disebar pada delapan (8) semester, yang dapat dilulusi paling cepat 3,5 tahun.
KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS | STATUS |
---|---|---|---|
18Y0111…02 | Pendidikan Agama…. | 2 | Wajib |
18Y01110702 | Wawasan Sosial Budaya Bahari/Maritim | 2 | Wajib |
18Y01111002 | Bahasa Inggris | 2 | Wajib |
18Y01111102 | Kewarganegaraan | 2 | Wajib |
18Y02110103 | Matematika Dasar | 3 | Wajib |
18Y02110703 | Kimia Dasar | 3 | Wajib |
18Y02111103 | Biologi Dasar | 3 | Wajib |
19G04110102 | Pengantar Teknologi Pertanian | 2 | Wajib |
TOTAL SKS | 19 |
KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS | STATUS |
---|---|---|---|
18Y01110902 | Bahasa Indonesia | 2 | Wajib |
18Y01111202 | Pendidikan Pancasila | 2 | Wajib |
18Y02110403 | Fisika Dasar | 3 | Wajib |
19G03110102 | Kalkulus | 2 | Wajib |
19G03110203 | Kimia Analitik | 3 | Wajib |
19G03110303 | Kimia Organik | 3 | Wajib |
19G03110403 | Mikrobiologi Umum | 3 | Wajib |
19G03110502 | Dasar-Dasar Komunikasi | 2 | Wajib |
19G03110603 | Statistik dan Rancangan Percobaan | 3 | Wajib |
TOTAL SKS | 23 |
KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS | STATUS |
---|---|---|---|
19G03120103 | Kimia Fisik Koloid | 3 | Wajib |
19G03120202 | Mikrobiologi Industri | 2 | Wajib |
19G03120302 | Kimia Pangan | 2 | Wajib |
19G03120402 | Mikrobiologi dan Keamanan Pangan | 2 | Wajib |
19G03120502 | Pengawasan dan Pengendalian Mutu Pangan | 2 | Wajib |
19G03120602 | Aplikasi Teknik Laboratorium | 2 | Wajib |
19G03120702 | Analisa Pangan | 2 | Wajib |
19G03120802 | Aplikasi Perubahan Fisik dan Kimia Pangan | 2 | Wajib |
19G03120902 | Biokimia Pangan | 2 | Wajib |
19G03121002 | Manajemen Industri Pangan | 2 | Wajib |
TOTAL SKS | 21 |
KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS | STATUS |
---|---|---|---|
19G03121102 | Aplikasi Biokimia dan Fisiologi Pasca Panen | 2 | Wajib |
19G03121202 | Evaluasi Gizi Pangan | 2 | Wajib |
19G03121302 | Sanitasi dan Pengelolaan Limbah Industri | 2 | Wajib |
19G03121402 | Aplikasi Mikrobiologi dan Keamanan Pangan | 2 | Wajib |
19G03121502 | Rekayasa Pengolahan Pangan | 2 | Wajib |
19G03121602 | Alat dan Mesin Pengolahan Pangan | 2 | Wajib |
19G03121703 | Analisa Sensori | 3 | Wajib |
19G03121802 | Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen | 2 | Wajib |
19G03121902 | Teknologi Pengolahan dan Pengawetan | 2 | Wajib |
19G03122002 | Teknologi Fermentasi | 2 | Wajib |
TOTAL SKS | 21 |
KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS | STATUS |
---|---|---|---|
19G03130102 | Teknologi Pengolahan Daging, Susu, dan Telur | 2 | Wajib |
19G03130202 | Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan | 2 | Wajib |
19G03130302 | Aplikasi Teknologi Pengolahan Hasil Hewani | 2 | Wajib |
19G03130402 | Teknologi Pengolahan Buah dan Sayur | 2 | Wajib |
19G03130502 | Teknologi Pengolahan Kelapa, Kopi, dan Kakao | 2 | Wajib |
19G03130602 | Aplikasi Bioteknologi Pangan | 2 | Wajib |
19G03130702 | Metode Penulisan dan Penyajian Ilmiah | 2 | Wajib |
19G03130803 | Teknologi Enzim | 3 | Pilihan |
19G03130902 | Teknologi Minyak Atsiri | 2 | Pilihan |
19G03131002 | Pangan Fungsional | 2 | Pilihan |
19G03131103 | Perencanaan dan Pengendalian Produksi | 3 | Pilihan |
19G03131202 | Smart Food Processing | 2 | Pilihan |
19G03131303 | Riset Operasional | 3 | Pilihan |
19G03131403 | Teknologi Penyimpanan dan Penggudangan | 3 | Pilihan |
TOTAL SKS | 24 |
KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS | STATUS |
---|---|---|---|
19G03131503 | Teknologi Pengolahan Pati dan Gula | 3 | Wajib |
19G03131602 | Teknologi Pengolahan Legum dan Serealia | 2 | Wajib |
19G03131703 | Teknologi Pengolahan Minyak dan Lemak | 3 | Wajib |
19G03131802 | Aplikasi Teknologi Pengolahan Hasil Nabati | 2 | Wajib |
19G03131903 | Teknologi Pengemasan | 3 | Wajib |
19G02130103 | Kewirausahaan | 3 | Wajib |
19G03132002 | Pangan Sehat | 2 | Pilihan |
19G03132102 | HACCP | 2 | Pilihan |
19G03132202 | Teknologi Pemanfaatan Limbah | 2 | Pilihan |
19G03132302 | Tata Letak dan Perencanaan Industri | 2 | Pilihan |
19G03132402 | Teknologi Pengolahan Rumput Laut | 2 | Pilihan |
19G02110703 | Berpikir Kreatif | 3 | Pilihan |
………………….. | (Pilihan Matakuliah Lintas Fakultas/ Prodi) | 2 / 3 | |
TOTAL SKS | 24 |
KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS | STATUS |
---|---|---|---|
19G03140104 | KKN | 4 | Wajib |
19G03140204 | Magang/Praktek Industri | 4 | Wajib |
19G03140301 | Seminar I | 1 | Wajib |
19G03140401 | Seminar II | 1 | Wajib |
19G03140502 | Ko-kurikuler | 2 | Wajib |
19G03140606 | Skripsi/Tugas Akhir | 6 | Wajib |
TOTAL SKS | 18 |