f

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore. Excepteur sint lorem cupidatat.

You may like:

Image Alt

Curriculum 2023

Curriculum 2023 Food Science and Technology Study Program

Evaluation of curriculum implementation at PS ITP UNHAS is carried out every four years to follow the development of science, applicable regulations, or the needs of the industrial world (DUDI) and stakeholders.

Pemutakhiran kurikulum di PS ITP UNHAS dilakukan setiap empat tahun sekali, Kurikulum 2015 PS ITP UNHAS kemudian dimutakhirkan menjadi Kurikulum 2019. Penyusunan Kurikulum 2019 PS ITP UNHAS juga berdasar pada Peraturan Senat Akademik Universitas Hasanuddin tentang Kebijakan Pengembangan Kurikulum Program Studi Universitas Hasanuddin (Nomor: 46929/UN.4/IT.03/2016).

Kegiatan Lokakarya Kurikulum 2019 tingkat prodi dilaksanakan pada Bulan Mei 2019, kemudian diplenokan pada lokakarya kurikulum tingkat Fakultas Pertanian pada bulan Agustus 2021. Seperti kegiatan lokakarya kurikulum sebelumnya (Kurikulum 2015), lokakarya ini juga melibatkan berbagai stakeholders dari alumni, industri, pemerintahan, asosiasi keilmuan (PATPI), Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) UNHAS, dan juga tentunya melibatkan dosen,
mahasiswa, dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan masukan dalam rangka pemutakhiran kurikulum.

Pada tahun 2020, Kemendikbud mengeluarkan Kebijakan Merdeka
Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), sebagai penjabaran dari Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 pasal 15 ayat (2). Dalam kebijakan MBKM ini, mahasiswa diberikan hak belajar maksimum tiga semester di luar program studi, yaitu (1) program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang sama, (2) program studi yang sama di luar perguruan tinggi, (3) program studi yang berbeda di luar perguruan tinggi, dan (4) berbagai bentuk aktivitas di luar perguruan tinggi dalam kanal pembelajaran MBKM.

Untuk menambah masukan dan mengikuti perkembangan IPTEKS, selama penyusunan kurikulum dilakukan penelusuran kurikulum pada Institute of Food Technologists (IFT) dan International Union of Food Science and Technology (IUFoST) yang merupakan rujukan internasional untuk kurikulum program studi dengan keilmuan bidang teknologi pangan.

Kurikulum 2019 juga diselaraskan dengan standar pendidikan sarjana Teknologi Pangan yang dikeluarkan oleh Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI). Selain penyelerasan kurikulum sesuai dengan komponen KKNI level 6,
kurikulum 2019 PS ITP juga mengadopsi ketentuan kurikulum berbasis luaran atau Outcome Based Education (OBE) berdasarkan Surat Tugas Dekan Nomor: 2993/UN4.16.1/DL.14.06/2018 tentang penyempurnaan kurikulum berbasis OBE.

Kurikulum Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan disahkan oleh senat Fakultas Pertanian Universitas Kurikulum 2023 Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan UNHAS 15 Hasanuddin sesuai dengan SK No: 6972/UN4.10/KR.00.01/2019 tentang Pengesahan Kurikulum Fakultas Pertanian.

Profil dan Kompetensi Lulusan

Profil lulusan merupakan bidang dan kompetensi lulusan yang diharapkan dari kurikulum yang dirancang

Profil lulusan Prodi ITP merupakan bidang pekerjaan yang diharapkan sesuai dengan kurikulum yang dirancang yaitu:

  1. Karyawan Industri/instansi di bidang pangan. Mampu menerapkan prinsip-prinsip ilmu dan teknologi pangan yang terkait dengan pengolahan pangan sebagai karyawan pada bidang Research and Developmen (R&D), logistik, produksi, Quality control, dan Quality Assurance.
  2. Pendamping UMKM/Konsultan Industri bidang Pangan. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dalam industri makanan dengan menerapkan pemahaman yang komprehensif tentang konsep teoritis dan prinsip ilmu dan teknologi pangan, serta dalam bidang pengembangan produk makanan; keamanan dan kualitas makanan; sistem produk makanan
  3. Akademisi. Memiliki kemampuan untuk menyebarluaskan pengetahuan mengenai ilmu dan teknologi pangan dengan karakter dan sikap yang baik
  4. Enterpreneur di Bidang Pangan. Memiliki kemampuan untuk mengelola bisnis dan industri pengolahan makanan dari usaha kecil, menengah hingga skala industri
  5. Peneliti Bidang Pangan. Memiliki kemampuan menganalisa dan melakukan percobaan, analisis, pengolahan data, dan desiminasi hasil penelitian di bidang ilmu dan teknologi pangan

Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), kompetensi lulusan sarjana harus memenuhi tiga 3 (tiga) aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kemampuan di bidang kerja; (2) aspek lingkup kerja berdasarkan pengetahuan yang dikuasai; dan (3) aspek kemampuan manajerial. 

  1. Aspek kemampuan dibidang kerja. Mampu mengaplikasikan bidang ilmu dan teknologi pangan yang mencakup aspek bidang kimia pangan, mikrobiologi, rekayasa proses pangan, atau bioteknologi pangan dalam menyelesaikan masalah dalam bidang ilmu dan teknologi pangan.
  2. Aspek pengetahuan yang dikuasai. Mampu menguasai konsep teoritis bidang ilmu dan teknologi pangan secara umum dan khusus secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Aspek Kemampuan manajerial. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif untuk menyelesaikan masalah di bidang ilmu dan teknologi pangan

penyelarasan lingkup kompetensi KKNI, deskripsi kompetensi KKNI level 6 dengan kompetensi lulusan S1 PS ITP UNHAS

  1. Kemampuan kerja khusus. Mampu merancang proses penambahan nilai terhadap bahan pangan berdasarkan prinsip ilmu dan teknologi pangan dengan memadukan berbagai unit operasi untuk menghasilkan produk pangan yang aman, bergizi, dan bermutu.
  2. Pengetahuan khusus yang dikuasai. Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip ilmu dan teknologi pangan (kimia dan analisis pangan/hasil pertanian, mikrobiologi dan keamanan pangan, rekayasa proses pengolahan pangan, biokimia pangan dan gizi) untuk diformulasikan dalam teknik perancangan proses secara terpadu.
  3. Kemampuan manajerial. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan tentang aspek teknis dan non-teknis, berfikir secara kritis dan bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri, bekerja dalam tim, berinteraksi dengan orang yang berbeda latar belakang, terampil dalam berorganisasi dan memimpin dalam berbagai situasi, memanfaatkan sumber-sumber informasi, serta memiliki komitmen terhadap profesionalisme dan nilai-nilai etika.

Study Materials

The study materials in the Unhas ITP PS curriculum refer to the Bachelor's Degree Education Standards in Food Science and Technology according to the KKNI Edition 2 Revised December 2021 which has been prepared by the Indonesian Food Technology Experts Association (PATPI) in Decree No. 03/SK-PATPI/XII/2013 concerning Bachelor's Degree Education Standards in Food Technology.

Body of Knowledge PS ITP Unhas

  • Menjelaskan struktur kimia komponen pangan, fungsi, dan reaksi kimia utama yang melibatkannya, serta hubungannya dengan karakteristik bahan dan produk pangan.
  • Menerapkan prinsip kimia pangan dalam pengendalian reaksi kimia yang terjadi di dalam bahan pangan.
  • Menjelaskan reaksi kimia utama yang mempengaruhi kerusakan dan membatasi umur simpan bahan dan produk pangan
  • Menjelaskan prinsip teknik dan metode analisis pangan.
  • Terampil dalam melakukan teknik analisis kimia dasar dan kimia terapan  pada bahan pangan.
  • Memilih teknik analisis kimia yang sesuai dengan karakteristik bahan dan kebutuhan tujuan analisis. .

Mikrobiologi Pangan

  • Mengidentifikasi jenis mikroorganisme dalam pangan yang berguna, bersifat patogen dan menyebabkan pembusukan, serta kondisi pertumbuhannya
  • Menjelaskan pengaruh kondisi lingkungan (misal aktivitas air, pH, suhu, dan oksigen) terhadap kemampuan adaptasi, pertumbuhan dan inaktivasi mikroba.
  • Menjelaskan kondisi yang sesuai untuk membunuh atau mengendalikan mikroba pembusuk dan patogen dalam pangan.
  • Mengaplikasikan prinsip pengawetan dan pengolahan pangan melalui proses fermentasi
  • Menerapkan metode analisis mikrobiologi untuk mengidentifikasi mikroorganisme dalam pangan.
  • Memilih metode analisis mikrobiologi yang sesuai untuk mengidentifikasi mikroba dalam pangan

Keamanan Pangan

  • Menjelaskan terjadinya kontaminasi pangan yang disebabkan oleh cemaran fisik, kimia dan biologi.
  • Menjelaskan metode yang sesuai untuk mengendalikan bahaya fisik, kimia dan biologi dalam pangan.
  • Menjelaskan metode yang sesuai untuk mengendalikan bahaya fisik, kimia dan biologi dalam pangan.
  • Mengevaluasi kondisi yang sesuai (termasuk praktek sanitasi) untuk mengendalikan mikroba patogen dalam produksi pangan.
  • Memilih teknik pengambilan contoh yang sesuai dengan kondisi lingkungan.
  • Mengembangkan rencana sistem keamanan pangan dalam suatu proses produksi pangan.
  • Memformulasikan neraca massa dan energi dalam suatu proses produksi pangan.
  • Menjelaskan sumber dan keragaman bahan baku pangan dan pengaruhnya terhadap operasi pengolahan pangan.
  • Merancang proses produksi pada skala industri untuk menghasilkan produk pangan yang aman dan bermutu.
  • Menggunakan unit operasi dan peralatan pengolahan pangan untuk memproduksi suatu produk pangan pada skala laboratorium atau pilot plant.
  • Menjelaskan pengaruh metode pengawetan dan pengolahan terhadap mutu produk pangan.
  • Memilih jenis kemasan pangan dan metode pengemasan yang sesuai dengan sifat pangan, kondisi proses dan penyimpanan.
  • Menjelaskan prinsip dan praktek pembersihan dan sanitasi fasilitas pengolahan pangan.
  • Menjelaskan prinsip dan metode pengolahan air untuk pengolahan pangan, serta penanganan limbah dari pengolahan pangan
  • Menjelaskan proses biokimia, konsep dasar ilmu gizi dan hubungan antara konsumsi pangan dengan status gizi.
  • Menghubungkan fungsi pangan (zat gizi dan komponen bioaktif) terhadap kesehatan manusia (kelebihan atau kekurangan gizi).
  • Menjelaskan peranan biologis pangan (zat gizi dan komponen bioaktif), dan pengaruh positif dan negatif dari mengkonsumsi pangan dalam bentuk alami dan olahan terhadap kesehatan.
  • Menjelaskan perubahan zat gizi selama pengolahan dan penyimpanan.
  • Mengaplikasikan teknik laboratorium dasar dalam analisis biokimia dan nilai biologis komponen pangan.

Ilmu Sensori

  • Menjelaskan dasar fisiologi dan psikologi dari uji sensori.
  • Menerapkan rancangan percobaan dan metode statistika untuk diaplikasikan
    dalam uji sensori.
  • Memilih metode uji sensori yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan yang terkait produk

Manajemen Jaminan Mutu Pangan

  • Menjelaskan terminologi mutu, jaminan dan pengendalian mutu pangan.
  • Menerapkan prinsip jaminan dan pengendalian mutu di industri pangan.
  • Menerapkan standar dan spesifikasi produk pangan tertentu.
  • Mengevaluasi penerapan sistem pengendalian mutu pangan (misal: Statistical process control).

Peraturan dan Legislasi Pangan

  • Mendeskripsikan kerangka kerja peraturan pemerintah yang diperlukan dalam produksi dan pemasaran produk pangan.
  • Mendeskripsikan proses perumusan kebijakan dan peraturan di bidang pangan.
  • Menerapkan peraturan dan regulasi pangan yang berlaku sesuai dengan
    konteksnya.
  • Menganalisis kasus tertentu dan menghubungkannya dengan peraturan dan regulasi pangan yang berlaku

Komunikasi Lisan dan Tulisan

  • Menulis makalah teknis yang sesuaibdengan konteks masalah yang dikaji.
  • Mendemonstrasikan presentasi lisan pada forum ilmiah.
  • Menyiapkan bahan informasi visual yang terkait dengan ilmu pangan untuk audien yang beragam.

Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah

  • Memanfaatkan sumber informasi dan bukti ilmiah.
  • Menerapkan kemampuan berfikir kritis dan analitis untuk menyelesaikan masalah dan pengambilan keputusan.
  • Menerapkan prinsip ilmu pangan dalam masalah praktis dan situasi nyata yang dihadapi.
  • Memilih teknik analisis yang sesuai ketika dihadapkan pada masalah praktis/nyata.
  • Mengevaluasi bukti ilmiah dan mengolahnya menjadi informasi untuk membuat kesimpulan atau keputusan.

Profesionalisme dan Kepemimpinan

  • Mendemonstrasikan kemampuan bekerja secara mandiri dan dalam tim, serta memimpin dalam kelompok.
  • Melaksanakan tugas/proyek dengan pengelolaan waktu yang baik untuk mencapai tujuan/target yang ditetapkan.
  • Menunjukkan kemampuan sosial dan kultural dalam masyarakat yang beragam.
  • Mendeskripsikan contoh yang terkait profesionalisme dan etika dalam
    bidang ilmu pangan

Sebaran Mata Kuliah

Untuk menjadi seorang Sarjana Ilmu dan Teknologi Pangan, tiap mahasiswa diwajibkan melulusi minimal 144 SKS mata kuliah. Kami menyusun kurikulum yang disebar pada delapan (8) semester, yang dapat dilulusi paling cepat 3,5 tahun.
KODE MATA KULIAH
No. NAMA MATAKULIAH JUMLAH Status
1 23U01110902 Bahasa Indonesia 2 Wajib
2 23U01111002 Wawasan Sosial Budaya Bahari/Maritim & IPTEK BMI 2 Wajib
3 23U01111102 Bahasa Inggris 2 Wajib
4 23H01110103 Matematika Dasar 3 Wajib
5 23H03112703 Kimia Dasar 3 Wajib
6 23H04110103 Biologi Dasar 3 Wajib
7 23H02110703 Fisika Dasar 3 Wajib
8 23G04110202 Pengantar Teknologi Pertanian 2 Wajib
JUMLAH BEBAN STUDI 20
No. KODE MATA KULIAH NAMA MATAKULIAH JUMLAH STATUS
9 23U01110702 Pendidikan Pancasila 2 Wajib
10 23U01110802 Pendidikan Kewarganegaraan 2 Wajib
11 23U01110…02 Pendidikan Agama…. 2 Wajib
12 23G03110102 Kalkulus 2 Wajib
13 23G03110202 Kimia Analitik 2 Wajib
14 23G03110302 Kimia Organik 2 Wajib
15 23G03110402 Mikrobiologi Umum 2 Wajib
16 23G03110502 Manajemen Industri Pangan 2 Wajib
17 23G03110602 Aplikasi Kimia Analitik dan Kimia Organik 2 Wajib
18 23G03110702 Aplikasi Teknik Laboratorium 2 Wajib
JUMLAH BEBAN STUDI 20
No. KODE MATA KULIAH NAMA MATAKULIAH JUMLAH STATUS
19 23G03120102 Evaluasi Gizi Pangan 2 Wajib
20 23G03120202 Kimia Pangan 2 Wajib
21 23G03120302 Metode Penulisan dan Penyajian Ilmiah 2 Wajib
22 23G03120402 Mikrobiologi dan Keamanan Pangan 2 Wajib
23 23G03120502 Pengawasan dan Pengendalian Mutu Pangan 2 Wajib
24 23G03120602 Kimia Fisik Koloid 2 Wajib
25 23G03120702 Analisa Pangan 2 Wajib
26 23G03120802 Aplikasi Perubahan Fisik dan Kimia Pangan 2 Wajib
27 23G03120902 Biokimia Pangan 2 Wajib
28 23G03121002 Statistik dan Rancangan Percobaan 2 Wajib
29 23G03121102 Sanitasi dan Pengelolaan Limbah Industri 2 Wajib
30 23G03121202 Aplikasi Mikrobiologi dan Keamanan Pangan 2 Wajib
JUMLAH BEBAN STUDI 24
No. KODE MATA KULIAH NAMA MATAKULIAH JUMLAH STATUS
31 23G03121302 Rekayasa Pengolahan Pangan 2 Wajib
32 23G03121402 Mikrobiologi Industri 2 Wajib
33 23G03121502 Aplikasi Biokimia dan Fisiologi 2 Wajib
Pasca Panen Wajib
34 23G03121603 Alat dan Mesin Pengolahan Pangan 2 Wajib
35 23G03131703 Analisa Sensori 3 Wajib
36 23G03131802 Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen 2 Wajib
37 23G03131902 Teknologi Pengolahan dan 2 Wajib
Pengawetan Wajib
38 23G03122002 Teknologi Fermentasi 2 Wajib
39 23G03122102 Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan 2 Wajib
40 23G03122202 Teknologi Pengolahan Daging, Susu, dan Telur 2 Wajib
41 23G03122303 Teknologi Pengolahan Pati dan Gula 3 Wajib
JUMLAH BEBAN STUDI 24
No. KODE MATA KULIAH NAMA MATAKULIAH JUMLAH STATUS
42 23G03130102 Aplikasi Teknologi Pengolahan Hasil Hewani 2 Wajib
43 23G03130202 Teknologi Pengolahan Buah dan Sayur 2 Wajib
Wajib
44 23G03130302 Teknologi Pengolahan Kelapa, Kopi, dan Kakao 2 Wajib
Wajib
45 23G03130402 Aplikasi Bioteknologi Pangan 2 Wajib
46 23G03130502 Teknologi Pengolahan Legum dan Serealia 2 Wajib
47 23G03130602 Teknologi Pengolahan Minyak dan Lemak 2 Wajib
48 23G03130702 Aplikasi Teknologi Pengolahan Hasil Nabati 2 Wajib
49 23G03130802 Teknologi Pengemasan 2 Wajib
50 23G03130902 Kewirausahaan 2 Wajib

 

Mata Kuliah Wajib Konsentrasi (MKWK) (elektif) 6 SKS

23G03131002 Teknologi Enzim 2
23G03131102 Teknologi Pengolahan Rempah dan Minyak Atsiri 2
23G03131202 Pangan Fungsional 2
23G03131303 Perencanaan dan Pengendalian Produksi 2
23G03131402 Riset Operasional 2
23G03131502 Teknologi Penyimpanan dan Penggudangan 2
23G03131602 Teknologi Pengolahan Pangan Sehat 2
23G03131702 HACCP 2
23G03131802 Teknologi Pemanfaatan Limbah Pangan 2
23G03131902 Tata Letak dan Perencanaan Industri Pangan 2
23G03132002 Teknologi Pengolahan Rumput 2
Laut
JUMLAH 24
BEBAN STUDI
JUMLAH BEBAN STUDI 24
23UH01XX02 Komunikasi dan Kerjasama 2
23UH02XX02 Manajemen Kegiatan 2
23UH03XX02 Strategi Negoisasi 2
23UH04XX02 Pembelajaran Aktif 2
23UH05XX02 Komunikasi Digital 2
23UH06XX02 Empati Sosial 2
23UH07XX02 Keberagaman Budaya 2
23UH08XX02 Pengembangan Masyarakat 2
23UH09XX02 Kewirausahaan Rintisan 2
23UH10XX04 Kewirausahaan Rintisan 4
23UH11XX02 Kepemimpinan Inovatif 2
23UH12XX02 Pengambilan Keputusan 3
23UH13XX02 Pemecahan Masalah 2
23UH14XX02 Etika Profesi 2
23UH15XX02 Berpikir kritis dan kreatif 2
23UH16XX02 Kreativitas solutif 2
23UH17XX02 Inovasi dan pemikiran desain 2
23UH18XX01 Pengembangan talenta 1
23UH18XX02 Pengembangan talenta 2
23UH20XX02 Literasi dan presentasi ilmiah 2
23UH21XX02 Magang/praktek kerja 4
23UH22XX03 Studi/proyek independen 2
23UH23XX04 Studi/proyek independen 4
23UH24XX06 Studi/proyek independen 6
23UH25XX09 Riset Mandiri 20
23UH26XX02 Pengembangan kreativitas dan inovasi 20
23UH27XX04 Kepemimpinan dan Karakter 20
Bela Negara
23UH28XX06 Kemaslahatan BMI (proyek 20
independen)
23UH29XX20 Pengembangan dan penguatan kewirausahaan 20
23UH30XX20 Praktek Dunia Usaha Dunia Industri 20
23UH31XX20 Pengembangan karakter humanis 20
JUMLAH BEBAN STUDI 20
JUMLAH BEBAN STUDI 20
23G03140101 Seminar Proposal 1
23G03140201 Seminar Hasil 1
23G03140306 Skripsi/Tugas Akhir 6
JUMLAH BEBAN STUDI
Mata Kuliah Umum (44 SKS) 0
Mata Kuliah Inti Ilmu dan Pangan (67 SKS) 0
Mata Kuliah Pilihan (16 SKS) 0
Mata Kuliah Tugas Akhir (18 SKS) 0

Menjadi Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) sebagai salah satu pusat pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu dan teknologi pangan terkemuka di Indonesia dalam mendukung agroindustri pangan berlandaskan nilai-nilai budaya berbasis benua maritim

Under construction

Laman sedang dimuktahirkan sehingga konten lebih lanjut akan muncul seiring dengan pembaruan laman

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur

Nulla ante eros, venenatis vel malesuada sit amet

Lorem ipscras maximus turpis eget erat

Nulla ante eros, venenatis vel malesuada sit

User registration

You don't have permission to register

Reset Password