Curriculum 2023 Food Science and Technology Study Program
Evaluation of curriculum implementation at PS ITP UNHAS is carried out every four years to follow the development of science, applicable regulations, or the needs of the industrial world (DUDI) and stakeholders.
Pemutakhiran kurikulum di PS ITP UNHAS dilakukan setiap empat tahun sekali, Kurikulum 2015 PS ITP UNHAS kemudian dimutakhirkan menjadi Kurikulum 2019. Penyusunan Kurikulum 2019 PS ITP UNHAS juga berdasar pada Peraturan Senat Akademik Universitas Hasanuddin tentang Kebijakan Pengembangan Kurikulum Program Studi Universitas Hasanuddin (Nomor: 46929/UN.4/IT.03/2016).
Kegiatan Lokakarya Kurikulum 2019 tingkat prodi dilaksanakan pada Bulan Mei 2019, kemudian diplenokan pada lokakarya kurikulum tingkat Fakultas Pertanian pada bulan Agustus 2021. Seperti kegiatan lokakarya kurikulum sebelumnya (Kurikulum 2015), lokakarya ini juga melibatkan berbagai stakeholders dari alumni, industri, pemerintahan, asosiasi keilmuan (PATPI), Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) UNHAS, dan juga tentunya melibatkan dosen,
mahasiswa, dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan masukan dalam rangka pemutakhiran kurikulum.
Pada tahun 2020, Kemendikbud mengeluarkan Kebijakan Merdeka
Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), sebagai penjabaran dari Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 pasal 15 ayat (2). Dalam kebijakan MBKM ini, mahasiswa diberikan hak belajar maksimum tiga semester di luar program studi, yaitu (1) program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang sama, (2) program studi yang sama di luar perguruan tinggi, (3) program studi yang berbeda di luar perguruan tinggi, dan (4) berbagai bentuk aktivitas di luar perguruan tinggi dalam kanal pembelajaran MBKM.
Untuk menambah masukan dan mengikuti perkembangan IPTEKS, selama penyusunan kurikulum dilakukan penelusuran kurikulum pada Institute of Food Technologists (IFT) dan International Union of Food Science and Technology (IUFoST) yang merupakan rujukan internasional untuk kurikulum program studi dengan keilmuan bidang teknologi pangan.
Kurikulum 2019 juga diselaraskan dengan standar pendidikan sarjana Teknologi Pangan yang dikeluarkan oleh Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI). Selain penyelerasan kurikulum sesuai dengan komponen KKNI level 6,
kurikulum 2019 PS ITP juga mengadopsi ketentuan kurikulum berbasis luaran atau Outcome Based Education (OBE) berdasarkan Surat Tugas Dekan Nomor: 2993/UN4.16.1/DL.14.06/2018 tentang penyempurnaan kurikulum berbasis OBE.
Kurikulum Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan disahkan oleh senat Fakultas Pertanian Universitas Kurikulum 2023 Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan UNHAS 15 Hasanuddin sesuai dengan SK No: 6972/UN4.10/KR.00.01/2019 tentang Pengesahan Kurikulum Fakultas Pertanian.
Profil dan Kompetensi Lulusan
Profil lulusan merupakan bidang dan kompetensi lulusan yang diharapkan dari kurikulum yang dirancang
Profil lulusan Prodi ITP merupakan bidang pekerjaan yang diharapkan sesuai dengan kurikulum yang dirancang yaitu:
- Karyawan Industri/instansi di bidang pangan. Mampu menerapkan prinsip-prinsip ilmu dan teknologi pangan yang terkait dengan pengolahan pangan sebagai karyawan pada bidang Research and Developmen (R&D), logistik, produksi, Quality control, dan Quality Assurance.
- Pendamping UMKM/Konsultan Industri bidang Pangan. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dalam industri makanan dengan menerapkan pemahaman yang komprehensif tentang konsep teoritis dan prinsip ilmu dan teknologi pangan, serta dalam bidang pengembangan produk makanan; keamanan dan kualitas makanan; sistem produk makanan
- Akademisi. Memiliki kemampuan untuk menyebarluaskan pengetahuan mengenai ilmu dan teknologi pangan dengan karakter dan sikap yang baik
- Enterpreneur di Bidang Pangan. Memiliki kemampuan untuk mengelola bisnis dan industri pengolahan makanan dari usaha kecil, menengah hingga skala industri
- Peneliti Bidang Pangan. Memiliki kemampuan menganalisa dan melakukan percobaan, analisis, pengolahan data, dan desiminasi hasil penelitian di bidang ilmu dan teknologi pangan
Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), kompetensi lulusan sarjana harus memenuhi tiga 3 (tiga) aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kemampuan di bidang kerja; (2) aspek lingkup kerja berdasarkan pengetahuan yang dikuasai; dan (3) aspek kemampuan manajerial.
- Aspek kemampuan dibidang kerja. Mampu mengaplikasikan bidang ilmu dan teknologi pangan yang mencakup aspek bidang kimia pangan, mikrobiologi, rekayasa proses pangan, atau bioteknologi pangan dalam menyelesaikan masalah dalam bidang ilmu dan teknologi pangan.
- Aspek pengetahuan yang dikuasai. Mampu menguasai konsep teoritis bidang ilmu dan teknologi pangan secara umum dan khusus secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Aspek Kemampuan manajerial. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif untuk menyelesaikan masalah di bidang ilmu dan teknologi pangan
penyelarasan lingkup kompetensi KKNI, deskripsi kompetensi KKNI level 6 dengan kompetensi lulusan S1 PS ITP UNHAS
- Kemampuan kerja khusus. Mampu merancang proses penambahan nilai terhadap bahan pangan berdasarkan prinsip ilmu dan teknologi pangan dengan memadukan berbagai unit operasi untuk menghasilkan produk pangan yang aman, bergizi, dan bermutu.
- Pengetahuan khusus yang dikuasai. Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip ilmu dan teknologi pangan (kimia dan analisis pangan/hasil pertanian, mikrobiologi dan keamanan pangan, rekayasa proses pengolahan pangan, biokimia pangan dan gizi) untuk diformulasikan dalam teknik perancangan proses secara terpadu.
- Kemampuan manajerial. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan tentang aspek teknis dan non-teknis, berfikir secara kritis dan bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri, bekerja dalam tim, berinteraksi dengan orang yang berbeda latar belakang, terampil dalam berorganisasi dan memimpin dalam berbagai situasi, memanfaatkan sumber-sumber informasi, serta memiliki komitmen terhadap profesionalisme dan nilai-nilai etika.
Study Materials
The study materials in the Unhas ITP PS curriculum refer to the Bachelor's Degree Education Standards in Food Science and Technology according to the KKNI Edition 2 Revised December 2021 which has been prepared by the Indonesian Food Technology Experts Association (PATPI) in Decree No. 03/SK-PATPI/XII/2013 concerning Bachelor's Degree Education Standards in Food Technology.
Body of Knowledge PS ITP Unhas
- Menjelaskan struktur kimia komponen pangan, fungsi, dan reaksi kimia utama yang melibatkannya, serta hubungannya dengan karakteristik bahan dan produk pangan.
- Menerapkan prinsip kimia pangan dalam pengendalian reaksi kimia yang terjadi di dalam bahan pangan.
- Menjelaskan reaksi kimia utama yang mempengaruhi kerusakan dan membatasi umur simpan bahan dan produk pangan
- Menjelaskan prinsip teknik dan metode analisis pangan.
- Terampil dalam melakukan teknik analisis kimia dasar dan kimia terapan pada bahan pangan.
- Memilih teknik analisis kimia yang sesuai dengan karakteristik bahan dan kebutuhan tujuan analisis. .
Mikrobiologi Pangan
- Mengidentifikasi jenis mikroorganisme dalam pangan yang berguna, bersifat patogen dan menyebabkan pembusukan, serta kondisi pertumbuhannya
- Menjelaskan pengaruh kondisi lingkungan (misal aktivitas air, pH, suhu, dan oksigen) terhadap kemampuan adaptasi, pertumbuhan dan inaktivasi mikroba.
- Menjelaskan kondisi yang sesuai untuk membunuh atau mengendalikan mikroba pembusuk dan patogen dalam pangan.
- Mengaplikasikan prinsip pengawetan dan pengolahan pangan melalui proses fermentasi
- Menerapkan metode analisis mikrobiologi untuk mengidentifikasi mikroorganisme dalam pangan.
- Memilih metode analisis mikrobiologi yang sesuai untuk mengidentifikasi mikroba dalam pangan
Keamanan Pangan
- Menjelaskan terjadinya kontaminasi pangan yang disebabkan oleh cemaran fisik, kimia dan biologi.
- Menjelaskan metode yang sesuai untuk mengendalikan bahaya fisik, kimia dan biologi dalam pangan.
- Menjelaskan metode yang sesuai untuk mengendalikan bahaya fisik, kimia dan biologi dalam pangan.
- Mengevaluasi kondisi yang sesuai (termasuk praktek sanitasi) untuk mengendalikan mikroba patogen dalam produksi pangan.
- Memilih teknik pengambilan contoh yang sesuai dengan kondisi lingkungan.
- Mengembangkan rencana sistem keamanan pangan dalam suatu proses produksi pangan.
- Memformulasikan neraca massa dan energi dalam suatu proses produksi pangan.
- Menjelaskan sumber dan keragaman bahan baku pangan dan pengaruhnya terhadap operasi pengolahan pangan.
- Merancang proses produksi pada skala industri untuk menghasilkan produk pangan yang aman dan bermutu.
- Menggunakan unit operasi dan peralatan pengolahan pangan untuk memproduksi suatu produk pangan pada skala laboratorium atau pilot plant.
- Menjelaskan pengaruh metode pengawetan dan pengolahan terhadap mutu produk pangan.
- Memilih jenis kemasan pangan dan metode pengemasan yang sesuai dengan sifat pangan, kondisi proses dan penyimpanan.
- Menjelaskan prinsip dan praktek pembersihan dan sanitasi fasilitas pengolahan pangan.
- Menjelaskan prinsip dan metode pengolahan air untuk pengolahan pangan, serta penanganan limbah dari pengolahan pangan
- Menjelaskan proses biokimia, konsep dasar ilmu gizi dan hubungan antara konsumsi pangan dengan status gizi.
- Menghubungkan fungsi pangan (zat gizi dan komponen bioaktif) terhadap kesehatan manusia (kelebihan atau kekurangan gizi).
- Menjelaskan peranan biologis pangan (zat gizi dan komponen bioaktif), dan pengaruh positif dan negatif dari mengkonsumsi pangan dalam bentuk alami dan olahan terhadap kesehatan.
- Menjelaskan perubahan zat gizi selama pengolahan dan penyimpanan.
- Mengaplikasikan teknik laboratorium dasar dalam analisis biokimia dan nilai biologis komponen pangan.
Ilmu Sensori
- Menjelaskan dasar fisiologi dan psikologi dari uji sensori.
- Menerapkan rancangan percobaan dan metode statistika untuk diaplikasikan
dalam uji sensori. - Memilih metode uji sensori yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan yang terkait produk
Manajemen Jaminan Mutu Pangan
- Menjelaskan terminologi mutu, jaminan dan pengendalian mutu pangan.
- Menerapkan prinsip jaminan dan pengendalian mutu di industri pangan.
- Menerapkan standar dan spesifikasi produk pangan tertentu.
- Mengevaluasi penerapan sistem pengendalian mutu pangan (misal: Statistical process control).
Peraturan dan Legislasi Pangan
- Mendeskripsikan kerangka kerja peraturan pemerintah yang diperlukan dalam produksi dan pemasaran produk pangan.
- Mendeskripsikan proses perumusan kebijakan dan peraturan di bidang pangan.
- Menerapkan peraturan dan regulasi pangan yang berlaku sesuai dengan
konteksnya. - Menganalisis kasus tertentu dan menghubungkannya dengan peraturan dan regulasi pangan yang berlaku
Komunikasi Lisan dan Tulisan
- Menulis makalah teknis yang sesuaibdengan konteks masalah yang dikaji.
- Mendemonstrasikan presentasi lisan pada forum ilmiah.
- Menyiapkan bahan informasi visual yang terkait dengan ilmu pangan untuk audien yang beragam.
Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah
- Memanfaatkan sumber informasi dan bukti ilmiah.
- Menerapkan kemampuan berfikir kritis dan analitis untuk menyelesaikan masalah dan pengambilan keputusan.
- Menerapkan prinsip ilmu pangan dalam masalah praktis dan situasi nyata yang dihadapi.
- Memilih teknik analisis yang sesuai ketika dihadapkan pada masalah praktis/nyata.
- Mengevaluasi bukti ilmiah dan mengolahnya menjadi informasi untuk membuat kesimpulan atau keputusan.
Profesionalisme dan Kepemimpinan
- Mendemonstrasikan kemampuan bekerja secara mandiri dan dalam tim, serta memimpin dalam kelompok.
- Melaksanakan tugas/proyek dengan pengelolaan waktu yang baik untuk mencapai tujuan/target yang ditetapkan.
- Menunjukkan kemampuan sosial dan kultural dalam masyarakat yang beragam.
- Mendeskripsikan contoh yang terkait profesionalisme dan etika dalam
bidang ilmu pangan
Sebaran Mata Kuliah
Untuk menjadi seorang Sarjana Ilmu dan Teknologi Pangan, tiap mahasiswa diwajibkan melulusi minimal 144 SKS mata kuliah. Kami menyusun kurikulum yang disebar pada delapan (8) semester, yang dapat dilulusi paling cepat 3,5 tahun.
KODE MATA KULIAH | ||||
No. | NAMA MATAKULIAH | JUMLAH | Status | |
1 | 23U01110902 | Bahasa Indonesia | 2 | Wajib |
2 | 23U01111002 | Wawasan Sosial Budaya Bahari/Maritim & IPTEK BMI | 2 | Wajib |
3 | 23U01111102 | Bahasa Inggris | 2 | Wajib |
4 | 23H01110103 | Matematika Dasar | 3 | Wajib |
5 | 23H03112703 | Kimia Dasar | 3 | Wajib |
6 | 23H04110103 | Biologi Dasar | 3 | Wajib |
7 | 23H02110703 | Fisika Dasar | 3 | Wajib |
8 | 23G04110202 | Pengantar Teknologi Pertanian | 2 | Wajib |
JUMLAH BEBAN STUDI | 20 |
No. | KODE MATA KULIAH | NAMA MATAKULIAH | JUMLAH | STATUS |
9 | 23U01110702 | Pendidikan Pancasila | 2 | Wajib |
10 | 23U01110802 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | Wajib |
11 | 23U01110…02 | Pendidikan Agama…. | 2 | Wajib |
12 | 23G03110102 | Kalkulus | 2 | Wajib |
13 | 23G03110202 | Kimia Analitik | 2 | Wajib |
14 | 23G03110302 | Kimia Organik | 2 | Wajib |
15 | 23G03110402 | Mikrobiologi Umum | 2 | Wajib |
16 | 23G03110502 | Manajemen Industri Pangan | 2 | Wajib |
17 | 23G03110602 | Aplikasi Kimia Analitik dan Kimia Organik | 2 | Wajib |
18 | 23G03110702 | Aplikasi Teknik Laboratorium | 2 | Wajib |
JUMLAH BEBAN STUDI | 20 |
No. | KODE MATA KULIAH | NAMA MATAKULIAH | JUMLAH | STATUS |
19 | 23G03120102 | Evaluasi Gizi Pangan | 2 | Wajib |
20 | 23G03120202 | Kimia Pangan | 2 | Wajib |
21 | 23G03120302 | Metode Penulisan dan Penyajian Ilmiah | 2 | Wajib |
22 | 23G03120402 | Mikrobiologi dan Keamanan Pangan | 2 | Wajib |
23 | 23G03120502 | Pengawasan dan Pengendalian Mutu Pangan | 2 | Wajib |
24 | 23G03120602 | Kimia Fisik Koloid | 2 | Wajib |
25 | 23G03120702 | Analisa Pangan | 2 | Wajib |
26 | 23G03120802 | Aplikasi Perubahan Fisik dan Kimia Pangan | 2 | Wajib |
27 | 23G03120902 | Biokimia Pangan | 2 | Wajib |
28 | 23G03121002 | Statistik dan Rancangan Percobaan | 2 | Wajib |
29 | 23G03121102 | Sanitasi dan Pengelolaan Limbah Industri | 2 | Wajib |
30 | 23G03121202 | Aplikasi Mikrobiologi dan Keamanan Pangan | 2 | Wajib |
JUMLAH BEBAN STUDI | 24 |
No. | KODE MATA KULIAH | NAMA MATAKULIAH | JUMLAH | STATUS |
31 | 23G03121302 | Rekayasa Pengolahan Pangan | 2 | Wajib |
32 | 23G03121402 | Mikrobiologi Industri | 2 | Wajib |
33 | 23G03121502 | Aplikasi Biokimia dan Fisiologi | 2 | Wajib |
Pasca Panen | Wajib | |||
34 | 23G03121603 | Alat dan Mesin Pengolahan Pangan | 2 | Wajib |
35 | 23G03131703 | Analisa Sensori | 3 | Wajib |
36 | 23G03131802 | Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen | 2 | Wajib |
37 | 23G03131902 | Teknologi Pengolahan dan | 2 | Wajib |
Pengawetan | Wajib | |||
38 | 23G03122002 | Teknologi Fermentasi | 2 | Wajib |
39 | 23G03122102 | Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan | 2 | Wajib |
40 | 23G03122202 | Teknologi Pengolahan Daging, Susu, dan Telur | 2 | Wajib |
41 | 23G03122303 | Teknologi Pengolahan Pati dan Gula | 3 | Wajib |
JUMLAH BEBAN STUDI | 24 |
No. | KODE MATA KULIAH | NAMA MATAKULIAH | JUMLAH | STATUS |
42 | 23G03130102 | Aplikasi Teknologi Pengolahan Hasil Hewani | 2 | Wajib |
43 | 23G03130202 | Teknologi Pengolahan Buah dan Sayur | 2 | Wajib |
Wajib | ||||
44 | 23G03130302 | Teknologi Pengolahan Kelapa, Kopi, dan Kakao | 2 | Wajib |
Wajib | ||||
45 | 23G03130402 | Aplikasi Bioteknologi Pangan | 2 | Wajib |
46 | 23G03130502 | Teknologi Pengolahan Legum dan Serealia | 2 | Wajib |
47 | 23G03130602 | Teknologi Pengolahan Minyak dan Lemak | 2 | Wajib |
48 | 23G03130702 | Aplikasi Teknologi Pengolahan Hasil Nabati | 2 | Wajib |
49 | 23G03130802 | Teknologi Pengemasan | 2 | Wajib |
50 | 23G03130902 | Kewirausahaan | 2 | Wajib |
Mata Kuliah Wajib Konsentrasi (MKWK) (elektif) 6 SKS
23G03131002 | Teknologi Enzim | 2 |
23G03131102 | Teknologi Pengolahan Rempah dan Minyak Atsiri | 2 |
23G03131202 | Pangan Fungsional | 2 |
23G03131303 | Perencanaan dan Pengendalian Produksi | 2 |
23G03131402 | Riset Operasional | 2 |
23G03131502 | Teknologi Penyimpanan dan Penggudangan | 2 |
23G03131602 | Teknologi Pengolahan Pangan Sehat | 2 |
23G03131702 | HACCP | 2 |
23G03131802 | Teknologi Pemanfaatan Limbah Pangan | 2 |
23G03131902 | Tata Letak dan Perencanaan Industri Pangan | 2 |
23G03132002 | Teknologi Pengolahan Rumput | 2 |
Laut | ||
JUMLAH | 24 | |
BEBAN STUDI | ||
JUMLAH BEBAN STUDI | 24 |
23UH01XX02 | Komunikasi dan Kerjasama | 2 |
23UH02XX02 | Manajemen Kegiatan | 2 |
23UH03XX02 | Strategi Negoisasi | 2 |
23UH04XX02 | Pembelajaran Aktif | 2 |
23UH05XX02 | Komunikasi Digital | 2 |
23UH06XX02 | Empati Sosial | 2 |
23UH07XX02 | Keberagaman Budaya | 2 |
23UH08XX02 | Pengembangan Masyarakat | 2 |
23UH09XX02 | Kewirausahaan Rintisan | 2 |
23UH10XX04 | Kewirausahaan Rintisan | 4 |
23UH11XX02 | Kepemimpinan Inovatif | 2 |
23UH12XX02 | Pengambilan Keputusan | 3 |
23UH13XX02 | Pemecahan Masalah | 2 |
23UH14XX02 | Etika Profesi | 2 |
23UH15XX02 | Berpikir kritis dan kreatif | 2 |
23UH16XX02 | Kreativitas solutif | 2 |
23UH17XX02 | Inovasi dan pemikiran desain | 2 |
23UH18XX01 | Pengembangan talenta | 1 |
23UH18XX02 | Pengembangan talenta | 2 |
23UH20XX02 | Literasi dan presentasi ilmiah | 2 |
23UH21XX02 | Magang/praktek kerja | 4 |
23UH22XX03 | Studi/proyek independen | 2 |
23UH23XX04 | Studi/proyek independen | 4 |
23UH24XX06 | Studi/proyek independen | 6 |
23UH25XX09 | Riset Mandiri | 20 |
23UH26XX02 | Pengembangan kreativitas dan inovasi | 20 |
23UH27XX04 | Kepemimpinan dan Karakter | 20 |
Bela Negara | ||
23UH28XX06 | Kemaslahatan BMI (proyek | 20 |
independen) | ||
23UH29XX20 | Pengembangan dan penguatan kewirausahaan | 20 |
23UH30XX20 | Praktek Dunia Usaha Dunia Industri | 20 |
23UH31XX20 | Pengembangan karakter humanis | 20 |
JUMLAH BEBAN STUDI | 20 | |
JUMLAH BEBAN STUDI | 20 |
23G03140101 | Seminar Proposal | 1 |
23G03140201 | Seminar Hasil | 1 |
23G03140306 | Skripsi/Tugas Akhir | 6 |
JUMLAH BEBAN STUDI |